Latest Sexy Girls

Ask, for a while?

Ask?

ada banyak hal yang ‘aneh’ di dunia ini, tapi buat saya sekarang, hal aneh itu cuma satu. tau apa itu? Ask? ya, Ask? secara indonesianya, bertanya.

kenapa demikian? coba anda pikir, apa yang terjadi bila anda tidak bertanya? bisakah anda hidup seperti sekarang? saya rasa tidak. dan coba bayangkan, berapa banyak anda bertanya setiap hari? berapa banyak yang sudah anda tanyakan sejak anda bisa bicara, bahkan bertanya sebelum anda bisa bicara?

secara sederhana, kita hidup dengan bertanya. dan menurut saya itu baik, dengan beberapa catatan. diantaranya tidak selalu mengulangi apa yang ditanyakan (bila jawaban pasti sudah didapat).

apa yang kira-kira anda lakukan bila ‘pindah’ ke lingkungan baru yang berbeda sekali dari lingkungan lama? dunno what todo? secara naluriah, sekali lagi, anda pasti bertanya. dan bayangkan, di kerumunan baru itu setiap kali anda bertanya “how todo this” maka mereka menjawab “just let me do that?”

its all about how, not about who is the guy do that thing? jika anda tahu ‘mengapa‘, maka anda akan tahu ‘bagaimana‘.

rasanya, saya jauh lebih cinta google hari ini dan seterusnya dan berbagi dengannya disana. dia merupakan tempat bertanya terbaik yang pernah saya kenal.

from this day on.. Google is my religion.

Latest Sexy Girls

kenangan ..

tahun 2008 sebentar lagi akan berakhir, apa saja yang terjadi di tahun ini? banyak hal tentunya, namun yang pasti itu semua akan menjadi kenangan, dan tergantung pada masing-masing pribadi yang menjalaninya, apakah ingin tetap sebagai kenangan atau membuat kenangan itu menjadi suatu hal yang lebih menarik.

omong-omong soal kenangan, saya punya banyak kenangan di tempat saya bekerja, tapi jarang yang berhasil diabadikan dengan foto. maaf sebelumnya kalo postingan ini terasa sentimentil dan narsis, saya hanya ingin mengenang kembali kenangan yang indah.

2006 – 2008 with PPTIK -UGM

foto bareng tim safari dan sso PPTIK di Magister manajemen UGM
foto bareng tim safari dan sso PPTIK di Magister manajemen UGM
foto saat mendemokan SSO UGM dihadapan pak prastowo (pimpinan pptik) di acara JGOS 2007
foto saat mendemokan SSO UGM dihadapan pak prastowo (pimpinan pptik) di acara JGOS 2007

di PPTIK UGM ini saya banyak bertemu dengan orang-orang hebat, pak prastowo misalnya, beliau adalah tokoh opensource indonesia selain budi rahardjo dan i made wiryana, juga michael sunggiardi dan onno w.p. pak pras ini sangat tergila-gila dengan opensource. motto beliau yang terkenal adalah “bukan linux yang tidak compatible dengan hardware, tetapi hardware yang tidak compatible dengan linux” saat menjawab seorang peserta seminar yang bertanya mengapa linux tidak sepopuler windows dalam hal hardware support. di pptik ini juga saya sempat di “tinggal” kabur teman-teman sso saya, sehingga mau gak mau mesti single fighter juga 😀 . si hanan kabur ke kementrian bumn, juga mas otoy, sebelum akhirnya cabut ke chevron. Good luck to you guys, but sometime, we need to talk about this! :))

sendiri di SSO gak enak juga dan untungnya masi dapet support dari temen-temen SAFARI, mereka ini tim yang eksklusif di PPTIK, bikin orang sekantor pada ngiri, dengan fasilitas ok, gaji menarik dan waktu kerja yang sangat-sangat fleksibel, siapa yang gak mau coba? sekali lagi disini saya bertemu dengan orang-orang hebat, mereka, tim safari adalah tim yang mengerjakan software e-government untuk pemkot jogja, beberapa proyek disana kini dijadikan project opensource. Mbak fiqa, salah seorang “alumnus” PPTIK kini sudah kerja di departemen perindustrian, cewek satu ini memang terkenal pintar. ditya, sekarang dah jadi pns di pemkot jogja, si yunita sekarang kuliah di malaysia beasiswa s2, abrar, kerja di BATAN dan masi banyak yang lain. memang orang-orang yang hebat.

2008 with IPTK

lepas dari PPTIK selama lebih dari satu tahun, saya coba nyemplung di salah satu ISP terkenal di jakarta selatan (IPTK), disini, lagi-lagi saya bertemu dengan orang-orang hebat. mereka mungkin tidak terlalu fasih “berbicara”, tapi dalam hal kerja, saya belajar banyak dari mereka. profesionalitas, itu yang saya pelajari disini, bagaimana memanage pkerjaan, bagaimana meng-handle complaint dari customer, bagaimana melakukan problem solving untuk hal-hal krusial hingga masalah teknis yang baru sekali ini saya temui, maklum saya gak pernah kerja di ISP beneran. IPTK, adalah tempat yang baik untuk belajar, sangat baik menurut saya. jujur saja, bila gak ada sesuatu hal yang urgent (masalah pribadi) saya belum mau “terbang” dari sana. mas arif, mas agus, mas nando, mas adi, mas dipo, pak eddy, mbak vivi, rido, semua anak-anak noc, indoregistrar.com dan technical support lapangan sangat friendly. anda belajar membantu diri anda sendiri maka dengan senang hati mereka akan membantu anda.

so.. itu adalah tahun 2008, bagaimana dengan 2009? saya gak tahu, yang jelas, mesti pulang ke rumah, check-up kesehatan, baru dipikirkan apa yang mesti dilakukan tahun depan, semoga saja lebih baik ya 😀

happy new year, folks!

makan bareng di hanamasa tangerang, outing bersama PT. IP Teknologi Komunikasi 2008
makan bareng di hanamasa tangerang, outing bersama PT. IP Teknologi Komunikasi 2008. dari kiri ke kanan, rian, mas agus, riesal.
makan bareng di hanamasa tangerang, outing bersama PT. IP Teknologi Komunikasi 2008
seluruh crew dan pimpinan pt. ip teknologi komunikasi foto bareng
Latest Sexy Girls

VMware problem on Windows 2003


TV & Film Jobs Central - 100+ Jobs Daily

keple, wuasyu, dino iki isine mung misuh2 tok. server klien down! ada-ada aja sih, mana matinya pas hari minggu lagi, waktunya libur jadi gak libur. ngurusi server aneh bin ajaib.

si empunya server masang windows 2003 original sebagai host os dan minta dipasangi debian sebagai guest os untuk mail server, gak masalah sih, dan semua berjalan normal hingga minggu dini hari koneksi tiba2 macet, di ping gak bisa nge-ping juga gak bisa, alhasil alarm nagios yang mengganggu tidur itupun terus-terusan nyala.

kutak-katik mesin vmware, kirain ada masalah internal guest os, atau ada yang iseng, njenguk server gak pake permisi dulu :D, setelah di cek, sistem bersih, cuma pengunjung rutin yang masuk, itupun sudah sedikit. pikir-pikir lagi, akhirnya kepikiran kalo mesin vmware di proteksi sama firewall windows brengsek itu. ehh, setelah di cek firewall windows, enggak ada! si firewall nyala-pun tidak!! sial!

masih coba-coba lagi, kali ini dengan memindahkan guest os dari mesin vmware ‘A’ ke mesin vmware client-ku, sempet salah bingung pas ditanyain apakah mau pake UUID lama atau yang baru? karena itu copy-an maka saya jawab pake UUID lama, boot sistem, sampe akhirnya jalan. jalan sistemnya tapi gak ethernetnya! lucunya, ethernet teregister di modul, soalnya cek modprobe bisa, dmesg bisa, lcpci juga bisa!! akhirnya balik ke setting vmware, tambahkan ethernet virtual, jadi punya dua ethernet virtual. masuk ke guest os lagi, matiin eth0 set eth1 dengan ip yang sama yang dipake eth0. bisa jalan, di ping local ethernet mau, tapi ping keluar macet!


Bluehost.com Web Hosting $6.95

sontoloyo nih mesin, akhirnya nyerah, pulang dulu ke kost, baju dah kelamaan direndem, dari pada busuk ya otomatis pulang terus nyuci baju, gak peduli kalo jam udah di-angka 23:00, setelah nyuci tidur, bangun sahur masih kepikiran juga sama mesin ‘gila’ itu. akhirnya balik lagi ke kantor.

coba set lagi, kali ini bener-bener berpikir out-of-the-box, debian is a stable one, the most stable distro i ever met, mau dibandingin sama windows 2003?? ya jauhhh… jalan-jalan ke Oom Google, nemu thread yang sama permasalahannya, bedanya dia host nya ubuntu tapi guestnya XP. Ahh, ini dia, coba aja dibalik masalahnya.

ehh bener juga, ternyata, walaupun artikel itu gak jalan(at least di mesin client sayah), tapi saya dapet clue, bahwa windows gak peduli XP atau 2003 sekalipun punya masalah sama yang namanya checksum dan firewall. kalo firewall dah dicoret dari daftar, bukan suspect lagi, sekarang, karena masalahnya ada di koneksi internet, maka tersangkanya adalah ethernet.

cek ethernet di windows, ada opsi yang mirip, checksum! akhirnya, saya cobain disable semua opsi checksum itu, rata2 checksumnya untuk offloading paket, maklum, kartunya gigabit ethernet. setelah itu, untuk make sure, saya reboot mesinnya. dan tanpa diduga, apalagi diguna-guna, si mesin vmware di ping bisa! tapi gak lama, terus macet lagi!!

argghhgghhh.. dasar mesin sialan!! akhirnya back to guest os, tambahkan ethernet virtual lagi, jadi ada 2 ethernet, disable eth0 set eth1 dengan ip address yang sama juga netmasknya dan gatewaynya. up-kan lagi eth1 dan berjalan sampe sekarang!!!

horeee.. akhirnya bisa santai sedikit, setelah hampir 20 jam berkutat dengan mesin aneh itu. oh iya, artikel teknis tentang hal ini akan saya posting secepatnya di community.bukabuku.org.