Oleh-Oleh Alternatif dari Bandung


Travelers, setiap kali memikirkan oleh-oleh khas dari Bandung pasti yang terpikir pertama kali adalah makanan. Memang, Bandung populer sebagai surga kuliner yang tampaknya tidak pernah kehabisan tempat makan baru.

pisang bolen kartika sari

Tapi, mungkin kamu sudah bosan ya dengan oleh-oleh makanan yang itu-itu lagi. Pisang molen Kartika Sari, brownies panggang Prima Rasa atau Batagor Kingsley sepertinya hampir selalu menjadi incaran setiap kali berlibur ke Bandung.

Nah, kalau kamu mencari alternatif oleh-oleh dari Bandung, simak deh rekomendasi Pegipegi ini:

Siomay Baso Tahu Tulen

siomay baso tahu tulen

Konon, sebelum Batagor Kingsley dan Batagor Riri menjadi idola di Kota Kembang, Baso Tahu Tulen adalah jajanan nomor satu di Bandung. Kalau kamu adalah penggemar siomay Bandung, siomay di Baso Tahu Tulen ini sangat direkomendasikan.

Mengusung tagline “Siomay No. 1 di Bandung (Terpercaya sejak tahun 1950)”, outlet asli Baso Tahu Tulen sebenarnya berlokasi di Komplek Situ Indah, Bandung Tengah. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa mendapatkannya dengan lebih mudah selepas gerbang tol Pasteur arah Jakarta. Jadi, setelah membayar tol, langsung tepikan kendaraan kamu ke kiri dan masuk ke dalam rest area kecil yang ada di sana.

jual-simoay-baso-tahu-tulen

Harga siomay ini dibanderol Rp 5.000 per buah. Biasanya mereka sudah menyiapkan paket-paket berisi 10 buah siomay. Bukan hanya siomay, kamu juga bisa memilih makanan ‘pendamping’ siomay seperti telur, kentang, tahu hingga pare. Siomay ini teksturnya sangat lembut dan memiliki rasa ikan tenggiri yang jelas, tapi tidak amis lho! Selain itu, bumbu kacangnya juga sangat lezat ditambah citarasa pedas yang tidak akan membuat bibir kamu melepuh kepedasan.

Toko Kue Bawean

Toko-Kue-Bawean

Toko Bawean mungkin kurang familiar di telinga travelers yang masih muda. Tapi coba deh tanya orangtua atau paman dan bibi kalian. Hampir semuanya kenal dengan toko kue legendaris tersebut, seperti halnya Kartika Sari dan Prima Rasa saat ini. Maklum, toko kue ini memang sudah berdiri sejak 1946 lalu.

Dulunya, Bawean ini bernama Sweetheart. Namun, belakangan berubah nama menjadi Bawean karena muncul peraturan dilarang menggunakan nama asing untuk tempat usaha. Bawean kini memiliki tiga cabang di Bandung. Toko pusatnya berada di Jalan Bawean, sementara dua cabangnya bisa kamu temukan di Jl. RE Martadinata atau lebih dikenal sebagai Jl. Riau serta di Jl. Gandapura.

Keistimewaan Bawean dibandingkan toko kue lain adalah mereka masih menjual banyak kue hasil resep-resep Belanda seperti kue kacang dengan rum, bolu gulung dan, tentu saja, menu andalan mereka Nougat Roll serta Chocolade Wafel. Tapi, kamu yang muslim tidak perlu khawatir karena Bawean juga menjual kue-kue yang tidak menggunakan rum.

nougat roll bawean

The Wooden Spoon

wooden spoon 1

Kalau Bawean termasuk salah satu toko paling tua di Bandung, maka The Wooden Spoon adalah salah satu yang terbaru. Toko ini sangat cocok kamu datangi jika kamu adalah pecinta dessert. Berdiri sejak 2013 lalu, The Wooden Spoon menjual pana cotta lezat dengan ragam rasa dan topping.

Kamu bisa memilih pana cotta lezat rasa vanilla, almond ataupun hazelnut dengan pilihan topping menggoda, mulai dari latte macchiato, apple sauce and cookie crumble hingga berry coulis and yoghurt. Harganya sendiri dibanderol Rp 165.000 untuk setengah lusin.

Seperti halnya macaroon, pana cotta memang sedang menjadi dessert trendi di kalangan foodies. Berkat tren itulah The Wooden Spoon bisa meraih kesuksesan dalam waktu relatif singkat.

wooden spoon 2

Kalau kamu membeli paket pana cotta sebagai oleh-oleh, The Wooden Spoon menyediakan wadah yang cantik untuk membawanya lho. Hm, jadi bisa untuk hadiah juga ya, travelers?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s