WHM / cPanel Installation


cPanel logo

cPanel logo

kali ini, masih tetap dengan Bahasa Indonesia saya akan mencoba menuliskan pengalaman meng-install cPanel / WHM di mesin Debian Etch tercinta. Menggunakan processor Intel Pentium 733 dengan RAM 512 (256 pinjaman dari mas Yogie) dan harddrive 40 GB, partisi dibuat single LVM.

Sebenarnya, instalasi cPanel / WHM sangat mudah. Hanya perlu siapkan server Linux minimalis, install perl terbaru, update security linux anda, set preferensi mirror bila perlu, akses SSH dan set jaringan yang benar agar bisa terkoneksi dengan internet. ada hal yang lebih penting sebenarnya, yaitu pastikan anda memiliki koneksi internet yang cukup baik.

oke, setup server sudah, lalu anda cukup pergi ke layer1.cpanel.net dan download file dengan ekstensi .sea, anda bisa gunakan wget untuk hal ini. setelah itu, ganti mode akses file tersebut menjadi executable (chmod +x file.sea) lalu login sebagai root dan eksekusi file tersebut (./file.sea) tunggu saja hingga selesai, bila anda memiliki koneksi yang cepat 256 1:1 mungkin berlangsung tidak lebih dari 2 jam, bila tidak memiliki koneksi cepat ya bisa ditinggal tidur saja, 5 – 7 jam baru anda lihat lagi proses tersebut.

bila instalasi sudah selesai silakan buka web browser anda, dan masukkan alamat url http://no-ip-anda:2086 . alamat tersebut akan mengarahkan anda pada setup cPanel / WHM via web based GUI. anda akan di tanya username dan password, masukkan saja username dan password root anda. ikuti petunjuk yang ada di web dengan seksama dan dalam tempo yang sesuai dengan kebutuhan anda. bila proses setup via web ini selesai maka saatnya anda untuk mendaftarkan IP yang anda miliki ke cpanel. saya menggunakan cpanel trial 45 hari yang lumayan buat coba-coba. akses URL http://verify.cpanel.net , masukkan saja ip public anda. dan secara otomatis ip tersebut di register untuk dapat menggunakan produk cpanel. ikuti lagi langkah yang ada di http://verify.cpanel.net maka cPanel / WHM bisa anda nikmati sesudahnya.

salam cPanel!

3 thoughts on “WHM / cPanel Installation

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s