sedikit tips tentang BIND9


berawal dari ingin kenal lebih dekat dengan BIND, yang kata teman saya, kalo ingin mempelajari DNS dengan baik, pakai BIND dulu. segalanya ada di BIND, rich feature dan mature. sebenarnya BIND tidaklah rumit, strukturnya mudah dipahami. buat saya yang beralih dari djbdns, BIND terasa familiar.

secara singkat, anda cukup menginstall BIND, konfigurasi named.conf, named.conf.local, bila perlu named.conf.options. setelah itu masukkan zone dari address yang anda inginkan. jika sudah maka buatlah deskripsi zone file beserta reverse lookupnya. jika tahapan tersebut sudah dilakukan aktifkan BIND dan test dengan RNDC, lihat juga log filenya untuk mengecek apakah ada error yang muncul.

masalahnya, tiap distro punya mekanisme yang berbeda untuk implementasi DNS, ambil contoh BIND. Sedikit tips dari saya, cek dulu zone file anda untuk memastikan notifikasi dari BIND berjalan dengan baik sehingga proses propagasi pun sukses. disini saya menggunkan Debian Etch 4.0 dan BIND9 yang berjalan di chroot.

Debian menjelaskan dalam situsnya, ada dua buah tools yang bisa dipergunakan untuk mengecek apakah konfigurasi BIND sudah benar atau belum. Tool pertama adalah named-checkconf, sesuai dengan namanya, named-checkconf hanya dipergunakan untuk mengecek file named.conf dan sejenisnya. Tool kedua, named-checkzone, dipergunakan untuk mengecek zone files yang ada. penggunaanya pun cukup mudah untuk cek named.conf lakukan perintah named-checkconf named.conf dan untuk zone file lakukan dengan named-checkzone zona.dalam.named.conf zone.db

bila tidak ada error yang muncul maka config anda sudah benar, aktifkan BIND dan cek dengan RNDC, rndc reload ; rndc status. sekali lagi, bila settingan anda benar, rndc tidak menampilkan adanya error, sekaligus menampilkan jumlah zones yang ada.

kalo sudah? ya sudah mau apa lagi, tinggal tunggu propagasi selesaišŸ˜€

One thought on “sedikit tips tentang BIND9

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s