berkurang lagi..


saya sangat bersyukur pekerjaan yang sangat menyita tenaga(sampe sakit) dan pikiran(karena mesti dibagi-bagi sama kerjaan) ini bebannya berkurang lagi. paling tidak, semua infrastruktur email server sudah jalan. lamanya pengerjaan adalah karena kesalahan komunikasi antara saya dengan client.

waktu paling lama pengerjaan adalah 42 jam, itu termasuk setting host os, mail server, software pihak ketiga, pop3 dan imap server. yang paling lama sebenarnya adalah proses entry user, sekitar 300-an user yang mesti saya create dan manage(nantinya). mudah-mudahan hal tersebut bisa saya lakukan. Insya Allah.

soal sistem saya kurang suka dengan yang sekarang, tapi mengingat banyaknya user yang harus dimanage dan dituntut kerja cepat(deadline menunggu) maka mau nggak mau saya terapkan juga, alhasil, sistem menjadi berat. webservernya pake apache2, awalnya sih mending, pake apache2 worker, kinerja bisa diandalkan, tapi berhubung pake webmail client yang mengharuskan menggunakan apache2-prefork kinerja jadi diragukan dan tentu, apache2 sangat rakus memory.. saya lebih suka lighttpd.

kedua, mesin berjalan di mode virtualisasi, dimana mesin sepertinya tidak mensupport secara baik virtualisasi, alhasil, kinerja lambat banget, ditambah lagi software monitoring yang saya pasang, ada ossec, fail2ban, nagios. nah yang terakhir ini terpaksa saya matikan, karena kasihan sama sistem.

sekarang.. tinggal ganti mailbox dengan domain yang baru, setahap demi setahap. semoga lancar!

Leave a Reply

