GNU/Linux BCM43xx driver ..


Entah kenapa BCM43xx kok nggak bisa dikenali layaknya driver lain di Ubuntu atau Linux Mint, katanya sih firmwarenya restricted, nggak open? kok segitunya yah🙂 di Windows lebih parah lagi, Lenovoku minta driver install yang harus diunduh dari Lenovo website, total sekitar 60 mega-an yang mesti diunduh!

Untungnya masih bisa make ethernet card dan modem, colokin ke telkoment@instant dan download driver bcm43xx dan bcm43xx-fwcutter, search ke kambing.ui.edu akhirnya nemu!! akhirnya bisa dipake juga wifinya🙂 step sederhananya sebagai berikut:

  1. cek load module kernel anda apakah sudah terpanggil module bcm43xx atau belum, caranya ketikkan “modprobe bcm43xx” atau “lsmod | grep bcm”
  2. dari hasil step no.1 silakan cari software bcm43xx-fwcutter yang bersesuaian dengan card wireless yang anda punya, alamatnya ada di http://linuxwireless.org/en/users/Drivers/b43
  3. bila ubuntu dan derrivative-nya yang anda install sebagai host OS, silakan masuk ke http://kambing.ui.edu/ubuntu/pool/universe/b/ dan pilih bcm43 yang paling sesuai, anda bisa ambil versi terbarunya dalam format .deb, downloadlah file tersebut dan install(dobel klik aja), nanti debian installer yang akan menginstallkannnya untuk anda🙂
  4. setelah itu anda wajib punya firmware dari card wireless yang anda miliki, download filenya di
    http://downloads.openwrt.org/sources/wl_apsta-3.130.20.0.o
  5. bila andapengguna linux dan terkoneksi dengan internet via ethernet card, silakan gunakan perintah berikut untuk menjamin hasil download: “wget -b -c http://downloads.openwrt.org/sources/wl_apsta-3.130.20.0.o”
  6. bila sudah didownload, simpan file tersebut di “/usr/src”ini hanya untukmemudahkan saja.
  7. buka restricted driver manager windows pada menu administrator, lalu aktifkan drivernya, dan instalasi pun selesai.

sekarang tinggal bikin antena wajanbolic buat nembak ke kampus sebelah🙂

3 thoughts on “GNU/Linux BCM43xx driver ..

  1. udah dicoba barusan bos.. ternyata langsung konak🙂 sering-sering bikin tutor lg yg ringan2 kaya gini ya.. sangat berguna.

    -sandy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s