antara reciprocation dan otoritas …


saya betul2 tidak mengerti dengan keadaan yang dialami kampus saya selama ini, dulu pelayanan bisa berjalan lancar dengan hanya cukup menempel kertas tanda pemberitahuan(macam-macam isinya), tapi kini, dengan adanya era internet, seolah-olah sistem dipaksa masuk ke area internet(intranet tepatnya) dan dengan mengorbankan sisi kepentingan mahasiswa.

entah kenapa sejak era tersebut diberlakukan kampus saya tidak menjadi kampus yang informatif, dari dulu memang tidak terlalu informatif, tapi cukuplah, atau bahkan mungkin kurang, bila dilihat dari dibukanya program studi teknik informatika. kenapa saya bilang kurang, lha iya, prodi informatika sudah cukup lama dibuka, tapi penyampaian informasi sederhana pun tidak dapat dengan mudah ditemui, bukankah sesuatu hal yang “aneh”?

bahkan untuk masalah krusial seperti akses nilai, sering tidak diupdate, yang lebih parah lagi, informasi yang tidak diupdate tersebut dijadikan bahan rujukan resmi untuk sistem KRS semester berikutnya.

bila ditanya kenapa bisa begini, rata-rata jawabannya “saya hanya menjalankan apa yang sesuai dengan pekerjaan saya, selain itu gak ada urusan”, entah kenapa semua ini bisa terjadi, apakah pengaruh otoritas yang begitu besar, bahkan sampai hal remeh-temeh pun harus dikawal oleh pengaruh “otoritas” tersebut? atau imbal balik atas pengaruh reciprocation terhadap sistem yang telah “menghidupi” mereka, sehingga mereka merasa segan dalam melakukan segala sesuatunya walau mereka tahu bahwa yang dilakukan bukanlah sesuatu yang bernilai atas dasar kemanusiaan??

terus terang saya tergelitik dengan pola dan pengaruh teknik persuasi ini, saya berjanji suatu saat akan mengadakan penelitian sederhana tentang konsumsi persuasi reprokasi dan otoritas ini, mencoba mencari benang merahnya(bila ada) atau setidaknya merumuskan mengapa ikatannnya begitu kuat bahkan saking kuatnya sampai orang-orang lugu(baca:mahasiswa) dijadikan justifikasi kepada komunitas mahasiswa sendiri bahwa memang begitulah adanya, lalu memaklumkan atas segala seusatu yang mungkin akan dan telah terjadi…

ahh ,, entahlah,, saya hanya ingin konsentrasi dulu, biar cepat lulus D menurut anda bagaimana??

One thought on “antara reciprocation dan otoritas …

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s