Antivirus Gratis, Sebuah Peluang!


Setelah sekian lama saya perhatikan traffic monitor website baik di risal.bukabuku.org maupun di risal.wordpress.com ada peningkatan signifikan kecuali di risal.wordpress.com

Apakah itu? Ya.. update antivirus, khususnya NOD32, banyak bgt yang download, atau cuman liat-liat bahkan sampe ngasih komentar di http://risal.bukabuku.org/blog/post.php?post_id=73

Sebuah fenomena yang menarik, ternyata orang Indonesia maniak ngoleksi update antivirus! tapi.. bukankah update antivirus itu sesuatu yang wajar? yahh.. wajar memang, tapi klo kita mau analisis lebih jauh lagi, traffic yang dihasilkan dari acara update baik nyari yang ofline ataupun langsung konak, eh, konek internet sangatlah tinggi!

Asal tau saja, 50 pengunjung dari 70 pengunjung disitus saya(risal.bukabuku.org) setiap hari selalu mencari konten update antivirus! Sekitar 20% dari 50 orang itu memberikan komentar tentang topik yang dibicarakan.. ini berarti sebuah peluang buat anda!

Oia. omong-omong soal antivirus, ada gak sih antivirus gratis bahkan open-source(klo bisa?) temen saya bilang, ada banyak antivirus gratis, open-source bahkan buatan anak negeri sendiri, beberapa diantaranya adalah CAV(CompactByteAntivirus), ANSAV, serta PCMAV(iam not too sure for it)

Khusus untuk CAV, ini adalah antivirus komplementer dan terbaik untuk virus lokal(menurut saya lho), klo ansav? hmm.. saya kok lebih suka CAV, punya performa bagus dan open-source gak kaya ansav(yang katanya mulai bayar)..

Btw.. mending make *NIX aja deh, virus free!😀

15 thoughts on “Antivirus Gratis, Sebuah Peluang!

  1. Antivirus lokal untuk melengkapi aja. Tetap pake antivirus lain seperti AVG dan AVAST yg gratis

    Trima kasih singgah di blog saya

  2. wahh.. SmadAV.. saya kok kurang yakin ya.. bikinnya aja make VB, siapapun tahu klo vb itu lemot bgt buat operasi I/O (virus khan masuk operasi I/O juga)..

    vb performanya ndak bisa dipercaya buat aplikasi yang cenderung menggunakan utilisasi CPU yang lumayan tinggi.

    satu lagi.. mbok ya open-source.. banyak manfaatnya loh. saya suka modelnya cav.. opensource, terkesan tidak sok jagoan si pembuat cav itu, di berani opensource tidak seperti yang lain, katanya mau membantu.. tapi kok malah bikin ketergantungan(klo tergantung beneran masih mending.. lha klo cuma sensasi😀 )

    whatever da AV.. be open-source!

  3. @ Joey
    ente udh pernah nyoba blom? coba dulu, jgn apatis gitu. klo saya sih jujur aja, programming aja gk bisa apalagi bikin AV, bahkan yang “sekelas” smadav.
    sy kebetulan udh kenalan dng yng buat. sy iseng minta source code-nya eh ternyata die nawarin saya source code-nya. so, kayaknya yg bikin smadav bukan orang sok jago tuh! sori bukannya saya mau ngebela, cuma kita jgn terlalu under estimate apalagi buruk sangka. nih, sekalian sy kutip pernyataan sang pembuat smadav di webnya:

    “Apabila terdapat bug program, saran/kritik, atau ingin bekerja sama dalam pengembangan SmadAV silakan kirim pesan ke email SmadAV (smadav@gmail.com).

    SmadAV hanya dapat berjalan dengan baik pada platform Windows NT (Windows 2000, Windows XP), hal ini dikarenakan virus-virus lokal saat ini lebih banyak menyerang komputer dengan platform Windows NT. Dan komputer dengan Platform Win 9X/ME masih aman dari serangan virus lokal.

    SmadAV bebas digunakan dan disebarluaskan dengan syarat:

    * Tidak menambah atau mengurangi file-file yang ada dalam
    * Folder SmadAV (zip)
    * Tidak memodifikasi SmadAV
    * Tidak untuk kepentingan komersial atau profit

    dst…”

  4. to: nua -> saya bukannya apatis, tapi realistis, saya sudah pernah nyoba smadav, dia tidak open-sorce, sekalipun kodenya anda bisa dapat. kenapa saya bilang tidak bisa open-source karena:(anda nulis sendiri lho)

    SmadAV bebas digunakan dan disebarluaskan dengan syarat:

    * Tidak menambah atau mengurangi file-file yang ada dalam
    * Folder SmadAV (zip)
    * Tidak memodifikasi SmadAV
    * Tidak untuk kepentingan komersial atau profit

    klo ndak bisa menambah atau mengurangi kode program.. trus buat apa dikasih sourcenya, apalagi gak bisa memodifikasi!! itu tandanya sifat pengembangan tertutup, yang boleh(secara resmi) mengembangkan hanya yang buat program.

    saya ndak bilang klo pembuat smadav itu sok jago, saya cuma tidak setuju dengan sifat pengembangan sebuah antivirus yang katanya untuk masyarakat dan masih dikelola swadaya(belum provit) tapi bersifat tertutup. kita jangan membodohi masyarakat dngan program yang kita buat bila pengambangannya belum bersifat komersil.. klo nasib smadav seperti ansav bagaimana??

    banyak orang bergantung pada ansav.. dan saat ia mulai dikomersilkan, banyak orang mengeluh, dan bila dilihat dari performa ansav masih belum “ada apa-apanya” dengan AV lain, semisal AVG(Free), CAV, dan lainnya.

    buatlah software yang bisa dikembangkan banyak pihak, itu tidak akan mengurangi rasa hormat mereka pada pembuat aslinya, semakin anda terbuka maka orang lain akan memberikan penghargaan lebih pada anda.. percayalah!

    maaf buat yang punya blog ini, karena jadi ajang “diskusi” diluat topik.

    semoga indonesia menjadi bangsa yang cerdas dengan open-source!

  5. Ansav cukup bagus,comp saya kena virus blufantasi.Pertama saya scan pake PCMAV_SE (RC 17) ga ditek sama sekali.Trus saya Download Ansav +E Advance,bisa ditek n clean untuk data selain system.Untuk disystem ga bisa clean or delete…Trims..

  6. wah yg buat anak sma klas 2??? smadav is the best ..kelebihannya dibanding ansav dan cav yaitu bisa show hidden files walaupun folder setting hilang karena virus seperti brontok kerap kali ngilangi folder option

  7. jgn banyak komen or omong aja but coba buktiin dulu klo anda bisa buat yg gituan…. komen melulu tapi gak ada hasil masih mending mereka yg buat antivirus Indonesia – one thing you should now – Be Best Indonesian People – dan yang terakhir hargai karya anak bangsa karena merekalah generasi penerus untuk kemajuan Bangsa Indonesia. Kalau melihat cara menulis anda, anda adalah bukan warna negara Indonesia yang melainkan kotoran bangsa Indonesia yang bisanya cuma menjatuhkan alias mengejek hasil karya anak bangsa. You are not good people.

  8. kebanyakan bacot semua, bisa nya cuma ngritik
    doank buat donk, bisa gak buat AV ato Removal???
    kalo gak bisa ya diem aja dech mending
    gak usah pake jelek-jelakin produk orang
    JUST SHUT UP YOUR MOUTH key

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s